Tips Membungkus Makanan yang Baik untuk Dikirim ke Luar Negeri

Makanan sering rusak saat sampai ke tujuan? Temukan tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri berikut ini!

Tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri harus memperoleh perhatian secara khusus. Sehingga makanan tersebut tetap dalam keadaan segar, aman dan tidak mengalami kerusakan saat sedang pengiriman.

Sebaiknya harus memperhatikan cara ketika packing makanan untuk menjaga paket selamat sampai ke tujuan. Cara pengiriman paket berupa makanan ini tidak hanya mendukung usaha online pada bidang kuliner. Namun, juga memenuhi kebutuhan ketersediaan makanan yang tidak ada di negara terkait.

Tips Membungkus Makanan yang Baik untuk Dikirim ke Luar Negeri

  • Segel Makanan

Saat ingin mengirim makanan ke luar negeri sebaiknya memastikan bahwa paket tersebut tidak tumpah ataupun rusak. Caranya dengan memilih wadah yang dijamin sudah aman dan tidak mudah rusak. Anda bisa menggunakan wadah untuk makanan yang terisolasi dengan baik saat pengiriman.

Cara ini dengan memilih wadah bersegel khusus atau ada penutup untuk pengiriman. Sehingga nantinya bisa mencegah terjadinya tumpahan makanan saat proses pengiriman ke negara tujuan.

  • Memilih Wadah yang Tepat

Proses pengiriman makanan ke luar negeri harus menggunakan wadah yang tepat. Seperti untuk pilihan wadah sebaiknya mencari yang lebih kuat, kokoh dan tidak mudah bocor.

Anda bisa memilih wadah untuk pengemasan makanan seperti PP board box. Penggunaan wadah makanan khusus pengiriman atau wadah dari bahan plastik yang tahan lama merupakan pilihan paling tepat.

  • Menggunakan Kemasan Vakum

Apabila memang memungkinkan, Anda bisa memakai kemasan vakum terlebih dahulu untuk tempat makanan yang akan dikirim ke luar negeri. Kemasan vakum cenderung lebih aman dan sangat efektif untuk membuat paket makanan tidak mudah rusak ataupun tumpah.

Kemasan vakum juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya oksidasi. Sehingga pilihan ini sangat tepat karena dapat mempertahankan makanan tetap segar saat tiba di negara tujuan.

Menggunakan Material Pelindung
Menggunakan Material Pelindung
  • Menggunakan Material Pelindung

Tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri dengan aman dengan memilih material pelindung yang tepat. Ketika mengirim paket makanan ke luar negeri akan lebih baik jika makanan tersebut dibungkus menggunakan lapisan tambahan.

Anda bisa memilih lapisan tambahan berupa kertas lilin ataupun aluminium foil yang lebih aman terhadap makanan. Tujuan penggunaan lapisan tambahan supaya dapat memberikan perlindungan terhadap makanan dari proses pengiriman yang dilakukan secara kasar oleh jasa terkait.

Anda juga bisa memilih material pelindung lain berupa kertas gulung ataupun gelembung udara. Letakkan material pelindung tersebut di sekeliling makanan yang akan dikirim agar terhindar dari risiko paket rusak karena guncangan saat proses pengiriman.

(Baca juga: Produk Dalam Negeri yang Laris Dijual di Luar Negeri)

  • Memilih Pengiriman yang Tepat

Tips pembungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri agar tidak rusak bisa memilih metode pengiriman yang tepat. Penggunaan metode pengiriman perlu disesuaikan terhadap jenis makanan yang akan dikirimkan.

Pada sejumlah makanan kemungkinan besar akan membutuhkan jenis pengiriman express untuk menjaga makanan tersebut tetap dalam keadaan segar. Oleh karena itu, perlu pertimbangan secara matang saat memilih metode pengiriman. Pemilihan pengiriman logistik yang sesuai menjadikan makanan bisa tiba di negara tujuan dengan aman dan tidak rusak.

  • Packing dengan Padat

Proses packing paket makanan harus memastikan sudah ditata dengan rapat pada kotak pengiriman atau wadah yang telah disediakan. Dalam packing makanan tersebut harus memastikan tidak ada celah atau ruang yang menjadikan paket bisa terguncang.

Pastikan paket makanan sudah rapat agar bisa menghindari timbulnya pergerakan yang berlebih saat proses pengiriman. Cara ini bisa diminimalisir dengan memanfaatkan packaging alvaboard sebagai salah satu kemasan yang sangat cocok untuk melindungi paket makanan.

Itulah beberapa tips membungkus makanan yang baik untuk dikirim ke luar negeri agar tidak mudah mengalami kerusakan. Kirim paket ke luar negeri menjadi lebih aman dengan memperhatikan poin penting dalam proses pengemasan seperti di atas.

Memuat data..