FAQ

Daftar pertanyaan dan jawaban seputar layanan ekspor dan impor yang diselenggarakan oleh Intrasia.id

Pemesanan

Apa jenis layanan yang disediakan Intrasia.id?

Intrasia.id menyediakan layanan pengiriman barang, baik dalam skala internasional maupun domestik, dan juga menawarkan pilihan kemasan khusus untuk paket-paket yang membutuhkan tingkat perlindungan ekstra.

Dimana saya bisa mendapatkan harga layanan Intrasia.id?

Customer mendapatkan price list Intrasia.id dengan melakukan pengecekan harga via online di website Intrasia.id atau dapat menghubungi Customer Service kami via nomor hotline WhatsApp, nomor telepon atau DM ke media sosial Intrasia.id.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengiriman paket saya ke negara lain setelah pengambilan?

Setelah paket yang dikirimkan oleh pelanggan tiba di kantor atau area pemrosesan Intrasia.id, layanan pengiriman internasional Express akan membutuhkan waktu 3-8 hari kerja, sementara layanan Standard Service memerlukan waktu 5-10 hari kerja untuk sampai ke alamat penerima.

Bagaimana jika saya tidak tahu kode pos tujuan?

Anda bisa mencari kode pos tujuan anda secara online atau menghubungi Layanan Pelanggan Intrasia.id melalui E-mail, telepon, atau pesan langsung.

Bagaimana cara mengubah atau membatalkan pesanan?

Jika barang telah melewati proses ekspor dan telah diterbangkan keluar dari Indonesia, tidak mungkin untuk membatalkan pengiriman. Namun, jika barang masih berada di kantor/cabang/hub Intrasia.id, pembatalan masih memungkinkan, meskipun akan ada biaya tambahan untuk pengembalian barang.

Tujuan

Kemana saja Intrasia.id dapat mengirim pesanan saya?

Intrasia.id dapat mengirimkan barang / paket anda dari dan ke lebih 200 negara di dunia mulai dari benua Asia, Eropa, Amerika, Amerika Selatan, Amerika Utara, Africa dan Australia. Apabila nama negara tidak tercantum di kolom tujuan pada website Intrasia.id pelanggan dapat menanyakan ketersediaan layanan ke tujuan tersebut via E-mail, Telepon atau DM ke kontak resmi Intrasia.id.

Apakah intrasia.id dapat melakukan proses impor ke Indonesia?

Intrasia.id mampu untuk melakukan impor atau mengirim barang ke Indonesia dari berbagai negara di seluruh dunia.

Apakah barang saya akan diantarkan sampai ke alamat tujuan?

Intrasia.id akan mengirimkan paket hingga ke alamat yang tercantum di negara tujuan.

Pengemasan

Bagaimana cara menyiapkan pengiriman internasional?

Pengiriman barang melalui Intrasia.id harus memenuhi standar kemasan internasional.

Kemasan seperti apa yang harus saya gunakan untuk paket saya?

Untuk barang dengan berat di bawah 50 Kg, disarankan menggunakan kotak atau kardus yang kokoh dan berbentuk persegi sempurna sebagai kemasan. Namun, untuk barang dengan berat di atas 50 Kg, pengirim diwajibkan menggunakan pallet plastik atau pallet kayu untuk memastikan pengiriman barang secara aman.

Apakah Intrasia.id menyediakan jasa pengemasan ulang?

Intrasia.id menawarkan layanan pengemasan barang dengan biaya yang ekonomis untuk setiap paket yang anda kirimkan.

Bea Cukai Export

Apakah terdapat pajak yang ditagihkan saat kita melakukan pengiriman barang ke luar negeri?

Ketika mengirim barang ke luar negeri atau melakukan proses ekspor, pengirim tidak dikenai biaya pajak oleh pihak Bea Cukai Indonesia. Namun, setelah barang tiba di negara tujuan dan melewati proses Bea Cukai di sana, barang tersebut dapat dikenakan pajak masuk atau bea impor oleh pihak Bea Cukai yang berwenang di negara tujuan.

Siapa yang harus menanggung biaya pajak masuk?

Biaya pajak masuk yang dibebankan oleh Bea Cukai negara tujuan (jika ada) harus dibayar oleh penerima barang di negara tersebut, dan penerima harus memberikan konfirmasi pembayaran langsung kepada tim Bea Cukai.

Apakah Intrasia.id akan menanggung biaya pajak masuk apabila penerima belum membayarkannya?

Intrasia.id, sebagai perusahaan kurir, bertanggung jawab untuk mengirimkan barang dari negara asal ke alamat tujuan di negara penerima. Namun, selama barang berada dalam proses bea cukai, semua biaya (jika ada) dan keputusan yang dikeluarkan oleh pihak Bea Cukai negara setempat menjadi diluar tanggung jawab Intrasia.id.

Apa yang akan terjadi apabila penerima tidak membayarkan biaya cukai?

Jika penerima tidak membayar bea masuk (jika ada) yang ditagihkan oleh Bea Cukai, Bea Cukai di negara tujuan berhak untuk menyita atau menghancurkan barang tersebut. Jika barang tidak disita atau dihancurkan, maka akan dikirimkan kembali ke Indonesia. Seluruh biaya yang timbul dari pengiriman kembali ini menjadi tanggung jawab pihak pengirim.

Bea Cukai Import

Apakah terdapat pajak yang ditagihkan saat kita mendatangkan barang dari luar negeri ke Indonesia?

Semua barang impor dari luar negeri akan melewati tahap bea cukai di Indonesia, di mana petugas akan melakukan inspeksi terhadap barang tersebut. Jika terdapat kewajiban membayar pajak kepada bea cukai, maka petugas akan mengirimkan notifikasi pajak masuk kepada pihak penerima di Indonesia.

Apa yang terjadi apabila pajak yang ditagihkan oleh bea cukai Indonesia tidak dibayarkan?

Jika penerima tidak membayar bea masuk yang ditagihkan oleh bea cukai (bila ada), maka bea cukai Indonesia berwenang untuk menyita atau menghancurkan barang tersebut. Jika barang tidak disita atau dihancurkan, maka barang akan dikirimkan kembali ke negara asal. Seluruh biaya yang timbul dari pengiriman kembali tersebut menjadi tanggung jawab dari pihak penerima di Indonesia.

Apa dampak yang timbul ketika menunda pembayaran pajak yang ditagihkan oleh bea cukai?

Jika pihak penerima menunda pembayaran pajak masuk selama lebih dari 2 hari sejak pemberitahuan mengenai pajak masuk, maka pihak Intrasia.id akan mengenakan biaya gudang.

Memuat data..