Kirim Makanan ke Luar Negeri Untuk Bisnis Ekspor Kuliner

Penting untuk mengetahui tentang cara kirim makanan ke luar negeri bagi yang bisnis ekspor kuliner, simak di sini.

Jika ingin terjun dalam bisnis ekspor kuliner, pastikan Anda mengetahui informasi lengkap tentang cara kirim makanan ke luar negeri. Makanan merupakan barang yang cukup sensitif jika dikirim dalam waktu beberapa hari untuk sampai ke tujuan.

Oleh karena itu, pihak eksportir harus pandai-pandai memilih ekspedisi pengiriman makanan dan mengemas dengan cara yang tepat. Dengan demikian, makanan yang diekspor bisa sampai dengan aman dan tetap bisa dikonsumsi saat tiba di tujuan.

Kirim Makanan ke Luar Negeri Untuk Bisnis Ekspor Kuliner

  1. Cari Informasi Pengiriman Makanan ke Luar Negeri

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengirim makanan ke luar negeri yakni mencari informasi lengkap tentang pengirimannya. Anda perlu mencari ekspedisi yang cocok untuk mengirim makanan ke luar negeri.

Selain itu, dengan adanya informasi lengkap Anda bisa mempersiapkan segala prosesnya dengan baik. Cari tahu jenis makanan apa saja yang boleh dikirim ke luar negeri, cara menyimpannya agar tidak mudah basi, dan cara pengirimannya. Hal-hal mendasar seperti itu harus diketahui oleh calon eksportir di bidang kuliner.

  1. Persiapkan Barang

Sebelum kirim makanan ke luar negeri yang tepat, persiapkan makanan yang akan dikirim dengan kondisi yang aman dan segar. Siapkan alat dan bahan untuk packing yang tebal dan sesuai untuk semua jenis makanan agar tidak mudah rusak.

Material yang dibutuhkan untuk mengemas makanan bisa berupa toples, plastik, dan kardus berukuran besar jika mengirim dalam jumlah banyak. Gunakan bahan yang kuat untuk menjaga makanan sampai tujuan dengan aman dan tidak rusak. Kemasan ini juga mencegah makanan terkontaminasi oleh barang lainnya dalam proses pengiriman.

Jika makanan yang dikirimkan berupa frozen food, jangan lupa untuk menambahkan lapisan khusus berupa ice gel, thermalfreeze, dan bubble wrap. Hal ini bertujuan agar kondisi makanan frozen tetap terjaga kesegarannya.

Baca Juga: Pengertian LCL dan FCL dalam Pengiriman Luar Negeri Via Laut

Kirim Makanan Ke Luar Negeri Hubungi Pihak Jasa Pengiriman
Kirim Makanan Ke Luar Negeri Hubungi Pihak Jasa Pengiriman
  1. Hubungi Pihak Jasa Pengiriman

Selanjutnya, hubungi ekspedisi untuk mengirimkan paket berupa makanan yang sudah dipacking dengan baik. Pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan sudah berpengalaman mengirimkan barang ke luar negeri.

Lakukan survei kepada beberapa jasa pengiriman untuk mendapatkan ekspedisi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa perhatikan keamanan produk yang dikirimkan melalui jasa kirim tersebut.

  1. Lengkapi Dokumen

Jika ingin kirim makanan ke luar negeri tentu Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Pastikan makanan yang dikirim sudah memiliki izin dari BPOM dan aman dikonsumsi. Kemasan yang digunakan untuk produk merupakan bungkus asli dari pabrik. Selain itu, makanan yang dikirim harus memiliki daya simpan minimal 6 bulan.

Jika segala dokumen dan syarat sudah dipenuhi, Anda bisa mengirimkan makanan tersebut dengan tenang. Pasalnya, ekspor atau pengiriman makanan yang ilegal dapat beresiko bagi pengirimnya.

  1. Kirimkan dan Minta Nomor Resi

Langkah terakhir yakni mengirimkan barang tersebut melalui ekspedisi yang dipilih. Sebelum mengirim, jangan lupa untuk memfoto barang tersebut sebagai bukti bahwa barang dikirim dalam keadaan baik.

Jangan lupa mintalah nomor resi ke pihak ekspedisi untuk memantau perjalanan paket hingga sampai ke negara tujuan.

Demikianlah informasi penting tentang cara kirim makanan ke luar negeri yang perlu diketahui calon eksportir di bidang kuliner. Anda bisa menerapkan tips dan cara ini saat kirim paket ke luar negeri berupa makanan atau bahan mentahnya.

Memuat data..