Caranya Ekspor Kopi ke Luar Negeri Sesuai Prosedur yang Tepat

Bingung bagaimana caranya ekspor kopi ke luar negeri sesuai prosedur? Anda bisa cek lebih dahulu info berikut sebelum mengirimnya!

Caranya ekspor kopi ke luar negeri sebenarnya sangat mudah apabila sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Kopi saat ini menjadi produk unggulan yang banyak diminati di pasar internasional.

Kopi menjadi salah satu produk komoditas yang sudah diekspor di berbagai negara. Dengan nilainya yang cukup tinggi membuat prosedur pengiriman kopi harus dipahami oleh setiap produsen.

Begini Caranya Ekspor Kopi ke Luar Negeri Sesuai Prosedur

  • Menyortir dan Mengemas

Saat akan melakukan pengiriman kopi ke luar negeri tentunya harus diolah terlebih dahulu. Pengolahan kopi memiliki tujuan supaya bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, juga bisa membantu untuk mempertahankan cita rasa kopi dan aromanya yang tetap sama sejak pengiriman dari Indonesia.

Apabila sudah melalui tahap pengolahan, dilanjutkan dengan menyortir dan mengemas kopi. Sehingga kopi yang dikirimkan ke luar negeri sudah memenuhi standar kualitas yang baik.

  • Mengirim Kopi ke Pelabuhan

Caranya ekspor kopi ke luar negeri dengan mudah yaitu memilih jasa ekspedisi yang tepat. Anda bisa coba memilih jasa ekspedisi seperti Intrasia, bisa via laut maupun udara.

Jika via laut, maka nantinya ekspor kopi bisa langsung dikirim ke pelabuhan paling dekat dari lokasi pengiriman. Sehingga bisa segera diproses sesuai ketentuan dalam pengiriman ke luar negeri.

  • Pengepakan dan Pelabelan

Ketika kopi sudah tiba di pelabuhan tidak serta merta langsung dikirim ke luar negeri. Akan tetapi, kopi tersebut harus dipecahkan terlebih dahulu untuk dipisah pada beberapa kantong dengan ukuran yang lebih kecil.

Setelah itu, juga diberikan label dengan tulisan yang jelas sebagai informasi dari ekspor kopi tersebut. Informasi itu memuat asal kopi, jenis kopi hingga kualitas kopi.

Langkah ini menjadi hal yang sangat penting dalam memberikan kemudahan untuk pengiriman kopi ke luar negeri. Selain itu, juga memudahkan pengolahan kopi ketika sudah tiba di negara tujuan.

Inspeksi Dan Sertifikasi
Inspeksi Dan Sertifikasi
  • Inspeksi dan Sertifikasi

Setiap ekspor kopi ke luar negeri diharuskan sudah melewati tahapan inspeksi dan sertifikasi. Pada dua proses ini biasanya dilakukan oleh BPOM dan Badan Karantina Pertanian.

Proses inspeksi dan sertifikasi memiliki tujuan guna memastikan bahwasanya ekspor kopi tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kopi yang dikirimkan ke luar negeri tentunya sudah lolos karena memenuhi persyaratan mutu dan keamanan dari kualitas kopi.

  • Pemberian Dokumen Ekspor Kopi

Caranya ekspor kopi ke luar negeri dengan aman harus mendapatkan dokumen ekspor kopi terlebih dahulu dari pihak terkait. Ketika Anda sudah berhasil melalui proses inspeksi dan sertifikasi.

Tentunya akan lebih mudah sebagai produsen kopi untuk memperoleh dokumen ekspor berupa SKA dan PEB. Adanya dua dokumen penting tersebut menjadi suatu hal yang wajib dimiliki saat melakukan ekspor kopi ke luar negeri.

Dokumen tersebut dinilai penting karena berfungsi guna memastikan bahwasanya ekspor kopi sudah memenuhi syarat hukum dan administratif yang diberlakukan di negara tujuan. Sehingga kopi yang diterima di negara tujuan bisa diolah kembali dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing.

(Baca juga: Daftar Produk Paling Potensial untuk Dijual di Eropa)

  • Mengirim Kopi ke Negara Tujuan

Apabila sudah melalui serangkaian proses untuk ekspor kopi ke luar negeri dan berhasil melewati semua tahapan. Biji kopi yang sudah disortir dan dipacking siap untuk dikirimkan ke negara tujuan.

Pihak produsen kopi yang akan melakukan ekspor ke luar negeri diharuskan memilih jalur pengiriman yang cocok untuk kopi tersebut. Pilihan yang efektif dan efisien perlu dipertimbangkan supaya ekspor kopi tiba di negara tujuan dalam keadaan baik dan aman.

Itulah caranya ekspor kopi ke luar negeri melalui beberapa tahapan yang harus dilalui. Kirim paket ke luar negeri berupa kopi menjadi lebih mudah dengan jasa pengiriman yang efektif dan efisien. Contohnya seperti Intrasia yang menawarkan ekspedisi via laut dan udara.

Memuat data..