Berapa Lama Pengiriman Paket ke Luar Negeri?

Penting mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi berapa lama pengiriman paket ke luar negeri, simak di sini.

Jika Anda menggeluti bidang ekspor tentu perlu mengetahui berapa lama pengiriman paket ke luar negeri hingga sampai diterima oleh pembeli. Estimasi waktu pengiriman paket tentu berbeda-beda ke setiap negara bergantung pada jarak dan jenis pengirimannya.

Namun lebih dari itu, ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya paket sampai ke negara tujuan. Jika memahami hal ini, Anda dapat mempertimbangkan dan memperkirakan pengiriman paket ke luar negeri.

Faktor Yang Mempengaruhi Berapa Lama Pengiriman Paket ke Luar Negeri

  1. Jarak

Jarak merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi estimasi waktu pengiriman paket hingga tiba di negara tujuan. Jika mengirim barang ke negara lain di Asia Tenggara, tentu akan lebih cepat sampai jika dibandingkan mengirim ke Amerika.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ekspor, tidak ada salahnya memilih negara-negara terdekat sebagai tujuan ekspor. Dengan jaraknya yang dekat, produk yang dikirimkan bisa lebih cepat sampai dan tentunya juga akan mempercepat siklus jual belinya.

  1. Jenis Pengiriman

Salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi berapa lama pengiriman paket ke luar negeri dari Indonesia yakni jenis cargo atau pengirimannya. Jenis pengiriman paket bisa menggunakan jalur darat, laut, dan udara sesuai dengan kebutuhan.

Namun, untuk mengirim barang ke luar negeri disarankan menggunakan jasa pengiriman via laut atau udara. Pengiriman via udara memiliki estimasi waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan jenis pengiriman lainnya, tetapi tarifnya juga lebih mahal. Anda juga bisa menggunakan jalur laut untuk mengirim paket ke luar negeri dengan volume yang lebih besar.

  1. Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca merupakan faktor yang bisa mempengaruhi berapa lama pengiriman paket ke luar negeri untuk ekspor. Cuaca ekstrem seperti hujan atau angin kencang tentu menghambat perjalanan paket untuk sampai ke negara tujuan.

Pasalnya, pengiriman ke luar negeri umumnya menggunakan cargo laut atau udara yang keamanan perjalanannya sangat bergantung pada kondisi alam. Jika kondisi cuaca tidak memungkinkan, tidak jarang pengiriman paket mengalami penundaan hingga kondisi aman untuk pemberangkatan ekspedisi.

Baca Juga: Kirim Makanan ke Luar Negeri Untuk Bisnis Ekspor Kuliner

Berapa Lama Pengiriman Paket Ke Luar Negeri Kelengkapan Dokumen
Berapa Lama Pengiriman Paket Ke Luar Negeri Kelengkapan Dokumen
  1. Kelengkapan Info Paket

Berkaitan dengan regulasi dan proses pengecekan barang oleh pemerintah, kelengkapan info paket juga sangat penting ketika mengirim ke luar negeri. Hal ini berpengaruh pada berapa lama pengiriman paket ke luar negeri untuk kegiatan perdagangan atau ekspor.

Jika informasi pada paket tidak lengkap, ini tentu akan menghambat proses pengecekan dan memperlama estimasi waktu untuk sampai kepada penerimanya. Bahkan, untuk negara yang memiliki kebijakan cukup ketat, paket yang informasinya tidak lengkap bisa saja dimusnahkan.

  1. Regulasi Pengecekan dan Bea Cukai

Jika ingin mengirim barang ke luar negeri harus melewati beberapa proses regulasi sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh pemerintah. Pengecekan ini berguna untuk menyaring barang yang masuk ke suatu negara terkait legalitasnya.

Proses ini sering kali membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan hingga berhari-hari. Hal inilah yang menjadikan barang yang dikirim ke luar negeri membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke negara tujuan.

  1. Efisiensi Jasa Kirim

Setiap perusahaan penyedia layanan cargo tentu memiliki sistem kerja yang berbeda-beda yang berpengaruh pada estimasi waktu pengiriman paket. Ekspedisi yang memiliki sistem dan waktu angkut yang efisien biasanya memiliki waktu pengiriman yang lebih singkat.

Itulah penjelasan lengkap tentang berbagai faktor yang mempengaruhi berapa lama pengiriman paket ke luar negeri. Pastikan Anda mengetahui informasi tersebut dari artikel ini sebelum kirim paket ke luar negeri.

Memuat data..