Pengumuman: Hubungi kami untuk mendapatkan diskon khusus bagi pengiriman anda 🔥

Cara Kirim Batu Akik ke Luar Negeri Dengan Prosedur Yang Sah

Penting untuk mengetahui cara kirim batu akik ke luar negeri dengan cara yang sah bagi para pengusaha perhiasan yang tertarik, simak di sini.

Terdapat beberapa cara kirim batu akik ke luar negeri yang patut untuk diketahui oleh para pengusaha batu akik. Jenis dan warna batu akik yang bervariasi menjadi daya tarik dan keunggulan tersendiri.

Tren batu akik memang sempat membuat heboh tanah air pada medio 2014 lalu. Bahkan batu akik dijadikan souvenir pada event Konferensi Asia Afrika. Ternyata, batu akik pun tetap memiliki nilai seni yang tinggi ketika di jual ke luar negeri. Sebagai pengusaha batu akik, marketplace internasional adalah salah satu tempat untuk menjualnya yang bisa dilirik kolektor barang antik di segala penjuru dunia.

Cara Kirim Batu Akik ke Luar Negeri Dengan Prosedur Yang Sah

  • Pahami Pasar Negara Tujuan

Batu akik yang sudah berupa cincin dapat dipasarkan hingga ke luar negeri. Terdapat beberapa Negara seperti Korea Selatan, Taiwan, dan kawasan Eropa yang mempunyai pasaran cukup masih untuk batu akik asal Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengusaha batu akik untuk mengetahui model yang disukai di beberapa Negara tujuan.

Yang harus dipahami yaitu apabila cincin batu akik yang masih mentahan atau masih utuh, tidak dapat dikirim. Tips cara jual batu akik ke luar negeri adalah dalam bentuk kerajinan, perhiasan dan seni saja.

  • Surat Jalan

Saat membeli sebuah batu akik, tentu saja Anda akan mendapatkan surat pengantar atau sertifikat yang diberikan toko tersebut.  Untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan, sangat disarankan untuk melampirkan sertifikat atau surat pengantar tersebut. Sertifikat tersebut memiliki fungsi untuk melindungi barang dari barang illegal.

Produk batu akik atau batu mulia memiliki standar dalam bentuk sertifikasi. Sertifikat untuk batu akik dibutuhkan agar pembeli mendapatkan rasa aman dan kepercayaan. Sertifikasi dan keaslian batu akik atau batu mulia biasanya didapat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh gemalogist.

Sertifikasi batu akik bisa memang tidak dapat dipastikan harganya, namun berkisar di angka Rp250 ribu. Terdapat beberapa tempat yang menyediakan sertifikasi untuk batu akik ini. Agar sebuah batu akik mendapatkan sertifikat oleh lembaga yang berwenang (LPSB), maka terdapat beberapa tahap pengujian yang perlu dilalui.

Pengujian akan dilakukan oleh tiga tenaga ahli dengan pendidikan khusus batu permata dan batu mulia. Selain itu, kegiatan pengujian pun akan menerapkan alat laboratorium dengan standar internasional agar mendapatkan hasil yang akurat.

Baca Juga: Cara Jual Batik ke Luar Negeri Laris Manis Tambah Cuan

Cara Kirim Batu Akik Ke Luar Negeri Packaging
Cara Kirim Batu Akik Ke Luar Negeri Packaging
  • Mengabadikan Batu Akik Sebelum Dikemas

Batu akik harus dicek X-Ray terlebih dulu sehingga dapat dilampirkan ke dalam sebuah foto. Fotolah barang yang telah dilengkapi dengan sertifikat agar kebutuhan penyidikan lebih lengkap. Di beberapa Negara, produk batu akik biasanya memiliki persyaratan yang cukup ketat, khususnya di Negara yang memproduksi batu alam seperti Swiss, Angola dan Afrika Selatan.

Analisa terlebih dulu sebelum mengirim produk batu akik. Konsumen di Negara tujuan dapat menghandle pajak apabila anda meyakinkan mereka sebagai penjual. Atau apabila ingin tahu cara jual batu akik ke luar negeri yang ditujukan untuk keluarga atau saudara, pastikan untuk melakukan koordinasi dengan penerimanya.

Foto paket sebelum dibuka setelah produk batu akik diterima oleh penerima. Produk yang memiliki bukti foto atau video dapat diklaim jika mengalami kerusakan atau kehilangan oleh jasa ekspedisi.

  • Memiliki Jasa Ekspedisi Terpercaya

Anda harus mengetahui cara kirim batu akik ke luar negeri lewat jasa ekspedisi yang kredibel dan berkualitas apabila produk yang dikirim cukup berharga. Sangat disarankan untuk mengecek media sosial jasa ekspedisi yang bersangkutan jika ingin kirim barang ke luar negeri.

Itu adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk cara kirim batu akik ke luar negeri. Hal ini tentu saja sangat berharga bagi para pengusaha batu akik untuk dapat melebarkan pangsa pasar ke dunia internasional.

Memuat data..