Daftar Komoditas Ekspor yang Paling Laris di Asia Tenggara

Penting untuk mengetahui daftar komoditas ekspor yang paling laris di Asia Tenggara sebagai referensi, simak di sini.

Jika ingin terjun dalam bisnis ekspor, Anda perlu mengetahui daftar komoditas ekspor yang paling laris di Asia Tenggara sebagai referensi. Komoditas yang sudah menguasai pasar global biasanya lebih mudah laku sehingga cocok dipilih untuk eksportir pemula.

Anda tidak harus langsung menargetkan negara-negara di Eropa untuk memulai bisnis ekspor. Pasalnya, negara-negara di Asia Tenggara saja masih banyak yang membutuhkan ekspor komoditas andalan dari Indonesia.

Daftar Komoditas Ekspor yang Paling Laris di Asia Tenggara

  1. Udang

Indonesia merupakan negara maritim, tidak heran jika hasil laut menjadi salah satu komoditas ekspor yang paling laris di Asia Tenggara. Udang menjadi salah satu komoditas ekspor yang menjadi andalan Indonesia.

Jenis udang yang diekspor mulai dari udang berukuran kecil, sedang, hingga besar yang dikirim dalam keadaan beku. Adapun negara di Asia Tenggara yang menjadi tujuan ekspor udang yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand.

  1. Kopi

Kopi merupakan hasil perkebunan yang masuk dalam daftar komoditas yang paling laris di Asia Tenggara dan sekitarnya. Indonesia yang beriklim tropis menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Jenis kopi dari Indonesia yang banyak diminati di luar negeri yakni Arabika, Robusta, dan kopi Luwak. Produk kopi dari Indonesia biasanya di ekspor ke negara-negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

  1. Furniture

Selain hasil laut dan perkebunan, produk furnitur juga termasuk dalam daftar komoditas ekspor yang paling Laris di Asia Tenggara terbaru. Produk furnitur dari Indonesia terkenal dengan material yang kuat, tahan lama, serta desainnya yang khas dan unik.

Hal inilah yang menjadikan komoditas ini banyak diminati di luar negeri, termasuk di Asia Tenggara. Malaysia dan Singapura merupakan negara yang menjadi pasar utama produk furniture dari Indonesia.

Baca Juga: Berapa Lama Pengiriman Paket ke Luar Negeri?

Daftar Komoditas Ekspor Yang Paling Laris Di Asia Tenggara Cocoa
  1. Kakao

Sebagai bahan utama pembuatan produk coklat, kakao sangat cocok dengan iklim tropsis di Indonesia. Oleh karena itu, menjadi salah satu komoditas ekspor unnggulan di bidang perkebunan yang cukup laris di pasar global.

Negara yang menjadi tujuan ekspor produk kakao tidak hanya Asia Tenggara, tetapi juga beberapa negara di Eropa.

  1. Komponen Otomotif

Salah satu produk yang termasuk dalam daftar komoditas ekspor yang paling laris di Asia Tenggara yakni komponen otomotif. Indonesia memiliki pabrik khusus yang memproduksi komponen otomotif berkualitas terbaik untuk diekspor ke luar negeri.

Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Thailand merupakan negara yang menjadi target ekspor komponen otomotif dari Indonesia.

  1. Karet

Indonesia merupakan negara produsen karet terbesar kedua di dunia, sehingga menjadi komoditas ekspor unggulan bidang perkebunan selain kopi dan kakao. Untuk komoditas ini, tidak hanya bahan mentah yang diekspor ke luar negeri, tetapi juga produk hasil olahannya.

Adapun negara yang menjadi tujuan ekspor komoditas karet di Asia Tenggara yakni , Thailand, Malaysia, dan Singapura.

  1. Minyak Kelapa Sawit

Indonesia menjadi pemasok minyak kelapa sawit terbesar dengan memenuhi 59 persen kebutuhan produksi dunia. Oleh karena itu, komoditas ini menjadi salah satu unggulan ekspor yang juga menambah pemasukan devisa negara.

Minyak kelapa sawit dari Indonesia diekspor ke negara-negara di Asia Tenggara seperti Vietnam dan Singapura. Bahkan, komoditas ini juga merambah ke negara-negara lainnya di Afrika dan Uni Eropa.

Demikianlah daftar komoditas ekspor yang paling laris di Asia Tenggara meliputiudang, kopi, dan komoditas lain sebagai inspirasi eksportir pemula. Informasi ini sangat penting bagi Anda yang ingin kirim barang ke luar negeri untuk kepentingan ekspor.

Memuat data..